Gempa Taiwan Melumpuhkan Produsen Chip Terbesar Dunia, Apa Dampaknya?

loading…

TSMC diyakini telah menghentikan berbagai lini manufaktur dan konstruksi di lokasi pabrik baru karena diperlukan inspeksi menyeluruh pasca gempa. Foto: ist

JAKARTA – Dampak gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang Taiwan pada Rabu, 3 April 2024, pagi ternyata sangat masif. Tidak hanya menelan korban jiwa dan kerusakan material signifikan, gempa tersebut juga membuat sejumlah pabrikan semikonduktor menghentikan chip mereka sementara.

Gempa Taiwan ini jadi yang terkuat dalam 25 tahun terakhir di pulau tersebut. Begitu masifnya, hingga memicu peringatan tsunami diikuti puluhan gempa susulan. Bencana tersebut memakan banyak korban hingga menyebabkan ratusan orang terluka dan setidaknya 9 orang tewas.

Dampak gempa bahkan meluas ke berbagai industri penting dalam ekonomi Taiwan, terutama manufaktur chip.

Penghentian Pabrik

Meski secara geografis Taiwan tidak luas, namun negara itu menjadi rumah bagi banyak produsen chip yang berperan penting secara global. Termasuk yang terbesar dan paling populer: Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC).

TSMC diyakini telah menghentikan berbagai lini manufaktur dan konstruksi di lokasi pabrik baru karena diperlukan inspeksi menyeluruh pasca gempa. Untuk saat ini, belum jelas apakah akan ada gangguan pada rantai pasokan ke konsumen utama perusahaan. Beberapa konsumen utama TSMC termasuk:

1. Apple
2. NVIDIA
3. Qualcomm
4. AMD

Pada dasarnya, setiap level komputasi memiliki ketergantungan pada TSMC, baik perangkat iPhone, kartu grafis, dan lainnya.

Dominasi Teknologi dan Pasar

Karena pengaruhnya yang sangat besar, penutupan lini produksi TSMC, bahkan untuk waktu singkat, dapat memiliki efek signifikan pada rantai pasokan.
Untungnya, penghentian ini diperkirakan hanya sementara dengan aktivitas beroperasi kembali dalam beberapa hari mendatang.

Saat ini, produksi chip TSMC sudah menyumbang lebih dari 50% dari pendapatan seluruh industri. Pencapaian dominasi pasar ini diraih karena skala operasi dan inovasi teknologi mereka, termasuk produksi massal chip 3nm – tercanggih di dunia.

Perusahaan Manufaktur Chip

Berikut adalah beberapa perusahaan besar selain TSMC, baik yang mendesain maupun memproduksi chip:

1. Intel Corporation

Kapitalisasi Pasar: USD173 miliar
Meskipun tidak sebesar TSMC dalam hal manufaktur chip, Intel tetap menjadi pemain penting dalam industri ini. Seperti TSMC, Intel termasuk salah satu dari sedikit perusahaan di dunia yang tidak hanya mendesain tetapi juga memproduksi chip-nya sendiri.

2. Texas Instruments Incorporated

Kapitalisasi Pasar: USD154 miliar
Texas Instruments (TI) sudah berpengalaman di dunia manufaktur semikonduktor. Berbeda dengan perusahaan yang berfokus pada semikonduktor digital, penekanan TI pada teknologi analog (penghubung dunia nyata dengan sistem digital) memperkuat perannya.

3. Samsung Semiconductor

Samsung Semiconductor adalah anak perusahaan Samsung Electronics, yang bertanggung jawab atas desain dan manufaktur semikonduktor.
Mendominasi pasar DRAM dan NAND flash, chip memori Samsung sangat penting untuk berbagai produk, dari smartphone dan komputer pribadi hingga serverdanpusatdata.

(dan)

Leave a Reply