Bahas Investasi, Bos Apple Tim Cook Bakal Bertemu Presiden Jokowi Rabu Pagi

loading…

CEO Apple Tim Cook bakal membahas investasi Apple di Indonesia saat bertemu dengan Presiden Jokowi besok Rabu, 16 April 2024. Foto: Reuters

JAKARTA – CEO Apple Tim Cook bakal berkunjung ke Indonesia dan langsung bertemu dengan Presiden Jokowi. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menurut Budi Arie, Tim Cook akan bertandang ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu, 16 April 2024, pukul 9.30 WIB, untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mulanya, Tim Cook bakal meresmikan Apple Developer Academy di Bali pada hari yang sama.

Apa yang jadi agenda pertemuan tersebut? Budi Arie belum mau menjabarkan detailnya. Namun, jelas berhubungan erat dengan investasi. Dan seharusnya, pertemuan Tim Cook-Jokowi ini bisa berujung pada dampak positif bagi Indonesia.

”Karena Indonesia menjadi bagian penting dari ekosistem kemajuan teknologi,” beber Budi Arie. Sebelumnya, CEO Microsoft Satya Nadella juga dijadwalkan bakal bertandang ke Indonesia pada April 2024.

Tidak Bangun Pabrik, hanya Bikin Kursus

Apple memang mendapat perlakuan berbeda dibandingkan pabrikan China atau Korea yang menjual produk elektronik seperti smartphone di Indonesia.

Jika pabrikan China wajib membangun pabrik untuk mematuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), maka Apple “berinvestasi” dengan cara membangun kursus bagi developer dengan nama Apple Developer Academy yang kini ada di BSD, Batam, Surabaya, dan segera diresmikan di Bali.

Sebelum datang ke Indonesia, Tim Cook sendiri berkunjung ke Vietnam dan juga berencana meningkatkan investasi di negara terebut. Terutama pemasok lokal.

Menariknya, Vietnam yang dipilih Apple jadi salah satu pusat manufaktur penting Apple di luar China. Apple saat ini juga sedang berinvestasi besar-besaran di India, terus mencari cara agar tidak sepenuhnya bergantungdariChina.

(dan)

Leave a Reply