Atasi Kekhawatiran Orang Tua, TP-Link Deco X10 Bisa Kontrol Internet Anak lewat Mesh Wi-Fi

loading…

Salah satu fitur TP-Link Deco X10 adalah parental controls. Gunanya untuk menyaring konten, situs, dan lainnya. Foto: thethaoqq188news/Danang Arradian

JAKARTA – TP-Link Deco X10 jadi solusi untuk menyaring konten-konten negatif baik di rumah menggunakan kecerdasan buatan/AI. Seperti apa?

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, sebanyak 33,44 persen anak usia dini di Indonesia sudah menggunakan HP.Bahkan, 24,96 persen anak usia dini sudah mengakses internet.

Tiga alasan terbesarnya: mencari informasi untuk keperluan tugas sekolah, terhubung dengan teman melalui media sosial, serta bermain game dan mengakses hiburan.

Sayangnya, gadget dan internet juga bisa memberi dampak negatif. Mulai menghambat perkembangan bicara dan bahasa, pembentukan karakter, mengganggu fungsi otak, serta ketagihan dan tidak bisa lepas dari gadget.

Salah satu cara mengontrol anak dalam mengakses informasi adalah menggunakan perangkat yang dapat dikontrol langsung.

Mesh Wi-Fi

TP-Link Deco X10 sebenarnya merupakan perangkat mesh Wi-Fi. Sederhananya, alat penguat sinyal Wi-Fi di rumah atau kantor. Cara menggunakannya sederhana, cukup dihubungkan ke modem Wi-Fi di rumah lewat kabel Ethernet. Lalu, orang tua tinggal mengunduh aplikasi Deco App untuk penyetelan lebih lanjut .

Lewat aplikasi Deco itu, orang tua dapat mengatur perangkat dari jarak jauh melalui gadget, seperti di handphone maupun di tablet. Mereka bisa mengatur dan memantau aktivitas di rumah walau sedang berada di kantor.

Menggunakan Fitur Parental Controls

Salah satu fitur TP-Link Deco X10 adalah parental controls. Gunanya untuk menyaring konten, situs, waktu penggunaan, bahkan menghentikan internet di waktu tertentu.

Fitur aplikasi Deco itu membuat orang tua bisa membuat profil anak dengan mencantumkan IP Address dari perangkat yang dipakai.

Berbekal Teknologi AI, Deco X10 secara otomatis mempelajari lingkungan jaringan, kualitas klien, perilaku pengguna di rumah, serta memastikan sinyal wi-fi tetap bagus.

Perangkat AI-Driven Mesh ini didukung seamless roaming with one WiFi name untuk menyatukan seluruh sinyal jaringan menjadi satu nama. Juga, WiFi dead-zone killer yang berfungsi menghilangkan area tanpa sinyal WiFi.

Perangkat ini juga mendukung WiFi 6 terbaru yang dapat meningkatkan kualitas jaringan agar tidak terjadi buffering. Plus, meningkatkan kualitas gambar streaming. Bahkan, dapat digunakan hingga 120 perangkat sekaligus.

Deco X10 mendukung kecepatan 1.500 Mbps dengan 1.201 Mbps di jaringan 5 GHz dan 300 Mbps di jaringan 2.4 GHz.

Orang tua juga dapat memanfaatkan firewall untuk melindungi jaringan, blocklist untuk memblokir situs tidak aman, serta enkripsi WPA/WPA2/WPA3 untuk memberi perlindungan dari ancamankeamanan.

(dan)

Leave a Reply