Antisipasi Lonjakan Trafik Lebaran 2024, XL Axiata Lakukan Ini!

loading…

Diprediksi, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10%-20% dibandingkan hari biasa. Foto: XL Axiata

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan sejumlah persiapan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran. Termasuk, tentu saja penguatan jaringan telekomunikasi.

Untuk itu, XL Axiata telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10%-20% dibanding hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, tantangan sebagai operator telekomunikasi di momen Lebaran adalah trafik melonjak signifikan dan berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

“Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” ungkap Gede.

Menurutnya, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital. Termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. Selanjutnya, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10% – 15% saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20%.
Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

“Saat ini, di hari normal, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik. Namun, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2-3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata menyesuaikan tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama libur panjang Lebaran.

Baca Juga: Peluncuran Program Ramadan dan Kampanye WeAreMoms XL Axiata

Dilakukan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Mulai kantor pusat XL Axiata, juga seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service OperationCenter(CESOC).

(dan)

Leave a Reply